Pages

Senin, 30 September 2013

Berat badan yang berlebihan bagi sebagian orang memang sangat mengganggu, terutama bagi orang-orang yang banyak melakukan aktivitas berat. Kelebihan berat badan membuat seseorang cepat merasakan lelah yang lama kelamaan akan mengurangi kinerja kerjanya. Selain itu, tubuh gemuk tidak baik untuk kesehatan, karena orang dengan berat badan berlebihan lebih mudah terserang penyakit. Berbagai hal dilakukan orang untuk mendapatkan cara menurunkan berat badan.
Setidak-tidaknya ada 10 macam penyakit kronis yang dapat menghantui orang yang memiliki berat badan tidak ideal atau terlalu gemuk (obesitas). Hal ini akan dibahas di bab lain dalam artikel glucogen ini. Diantara 10 penyakit akibat kegemukan adalah diabetes, hipertensi, kolesterol, jantung koroner, mudah kelelahan, ketidakseimbangan hormon, gagal ginjal, stroke, dan beberapa penyakit lainnya. Jika Anda penasaran terhadap pembahasan akibat dari obesitas ini, silakan tunggu pembahasan khususnya beberapa waktu lagi.
Memang banyak sekali hal-hal yang dilakukan orang untuk menjaga tubuh agar tetap ideal. Berbagai cara menurunkan berat badan pun ditempuh. Tidak sedikit malah yang menggunakan cara-cara yang malah dapat merugikan kesehatan.

Cara menurunkan berat badan secara alami

Banyak orang yang melakukan berbagai macam cara untuk menurunkan berat badannya, tapi seringkali cara yang mereka lakukan tidak menampakkan hasil yang memuaskan. Untuk anda yang sudah bosan mengkonsumsi pil pelangsing, anda bisa mengikuti cara menurunkan berat badan secara alami sebagai berikut ini:
  1. Menambah jam olahraga, cara ini sudah terbukti bisa menurunkan berat badan. Anda bisa memulai dengan melakukan jenis olahraga ringan seperti jalan di tempat dan lainnya. Agar lebih efektif anda bisa membuat jadwal rutin, kapan saja anda pergi ke pusat kebugaran dan mencoba menggunakan elliptical trainer selama 40 menit dalam 5 hari.
  2. Hindari minuman bersoda, minuman ringan yang mengandung 250 kalori yang secara keseluruhan terbuat dari bahan dasar gula.
  3. Hindari makanan cepat saji, makanan cepat saji yang mengandung banyak lemak tidak baik untuk anda yang ingin menurunkan berat badan. Kebiasaan makan makanan cepat saji alangkah baiknya jika mulai dikurangi dari sekarang. Olahlah makanan anda sendiri, sesuai selera anda, pastinya yang sehat dan rendah lemak.
  4. Kurangi porsi makan, untuk anda yang suka makan, anda bisa mengikuti cara masyarakat Asia Timur dengan makan menggunakan mangkuk dan piring kecil. Selain hemat, makan dengan porsi kecil bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara termudah.
  5. Makan lebih sering, anda bisa makan lebih dari tiga kali dalam satu hari, tapi dalam porsi kecil. Hal ini dimaksudkan agar anda tidak makan terlalu banyak kemudian.
  6. Banyak makan sayur dan buah, kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka mengkonsumsi daging dan jarang makan buah membuat pencernaan menjadi tidak lancar. Untuk itu, biasakanlah menyediakan buah-buahan di rumah atau mengolah daging anda dengan menambahkan sayuran segar, seperti sayur sop, capcay, dan lainnya.
  7. Minum sebelum makan, anda bisa minum air 5-10 menit sebelum jam makan tiba, minum air sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar, sehingga anda bisa makan dengan berkecupan, tidak terlalu banyak.
  8. Ganti nasi putih dengan karbohdrat kompleks, penggunaan beras merah sebagai nasi putih tidak asing lagi bagi anda yang sudah sering diet. Karena kandungan karbohidrat kompleks dalam beras merah lebih baik daripada kandungan karbohidrat yang terdapat pada nasi putih.
  9. Hindari gorengan, makan gorengan secukupnya. Biasakan memasak makanan anda dengan cara merebus, mengukus atau memanggang..
Demikian website glucogen net ini membahas tentang cara menurunkan berat badan secara alami ini sangat mudah untuk diterapkan asal anda memiliki kemauan yang kuat untuk melakukannya. Awalnya mungkin berat bagi Anda, akan tetapi dengan usaha dan niat untuk menjaga tubuh Anda tetap ideal dan jauh dari intaian berbagai macam penyakit akibat obesitas. Sukses untuk diet Anda dan Selamat mencoba :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar